Total Item : 0
    Subtotal : 0.00
    Checkout
     

    Buka Situs Belanja Online, Omzet Puluhan Juta Rupiah

    Rata-rata per bulan BelowCepek berhasil menjual 500 potong baju.

    VIVAnews - Berawal dari hobi belanja, Riana Bismarak memberanikan diri terjun ke dunia usaha dengan mengelola situs layanan jual beli online di internet (e-commerce), yaitu BelowCepek yang bisa diakses di alamat belowcepek.com.

    Kepada VIVAnews, pertengahan April 2013, Riana mulai membuka situs BelowCepek sejak pertengahan 2011. Keputusan ini terbilang luar biasa, sebab sebelumnya Riana bekerja sebagai direktur di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang wahana hiburan dan olahraga terkenal di Indonesia.

    "Saya memutuskan untuk mengejar passion. Karena saya suka shopping dan makan, kenapa tidak buka saja usaha online shop yang menjual baju-baju buatan Indonesia?," ujar Riana.

    Sejak memutuskan membuka online shop, wanita kelahiran 5 Juli 1976 ini mulai sering menawarkan produk buatannya di Facebook, pameran, dan Multiply. "Ini adalah strategi awal yang saya lakukan dan ternyata antusias masyarakat luar biasa, karena produk ini untuk wanita Indonesia," kata Riana.

    Di situs belowcepek.com, Riana memasarkan berbagai produk dalam negeri seperti baju, sepatu, dan tas. Harga yang ditawarkan pun sengaja dibuat sangat terjangkau, yakni antara Rp19 hingga Rp99 ribu. Selain itu, foto beragam produk yang dipamerkan di situs itu menggunakan model wanita Indonesia. Menurut Riana, konsep ini bisa menarik lebih banyak peminat.

    "Biasanya kalau online shop itu modelnya wanita asing yang tingginya 180 cm, kurus-kurus. Kami beda, karena ingin mengangkat budaya dan wanita Indonesia," tuturnya.

    Wanita lulusan sekolah perhotelan itu juga menjalin kerja sama dengan para perajin home industry untuk menjaga kualitas produknya.

    Tak hanya itu, Riana juga melakukan riset pasar mengenai harga baju karya desainer muda Indonesia. Ternyata, rata-rata harganya cukup mahal, mulai dari Rp350-450 ribu. Padahal, menurut Riana, tidak semua wanita rela mengeluarkan kocek setinggi itu, meski mereka ingin tampil modis dan fashionable.

    "Untuk semua produk saya menjual murah. Ikat pinggang paling murah Rp19 ribu, baju paling mahal Rp99 ribu," tutur Riana.

    Kini, Riana pun optimistis, belum sampai setahun, bisnisnya berkembang pesat. Penjualan semakin bertambah, karena memasang iklan di situs pencari, Google.

    Saat ini, Riana melanjutkan, rata-rata per bulan BelowCepek berhasil menjual 500 potong baju melalui iklan Facebook. Produk yang terjual akan dikirimkan ke alamat pembeli. Riana bahkan bersedia melayani pengiriman produknya ke Papua.

    "Saya ingin menjangkau seluruh Indonesia, bahkan saya melayani pesanan hingga pedalaman," kata Riana.

    Soal omzet, Riana mengaku, dalam sebulan berhasil memperoleh rata-rata Rp50 juta. "Itu masih kecil, karena baru satu tahun jalan," kata Riana. (art)